Browse By

Apa saja manfaat belajar akuntansi?

Tidak ada sains yang sia-sia di dunia ini. Hidup kita bisa menjadi lebih mudah karena ilmu tetapi hidup kita juga bisa menjadi sumber pengetahuan. Salah satu ilmu yang menjadi favorit sebagai program studi lanjutan dan pasti digunakan untuk semua lini kehidupan adalah soal akuntansi.

Fungsi akuntansi tidak hanya dapat dirasakan oleh pemilik perusahaan besar. Bahkan, ke tingkat terkecil karena setiap keluarga dapat menikmati manfaat akuntansi. Akuntansi bukan hanya pencatatan atau kasus jurnal, tetapi dapat digunakan untuk melacak transaksi yang mungkin menjelaskan suatu peristiwa dan mungkin mencerminkan suatu kondisi.

Memang, akuntansi berguna dalam kehidupan kita sehari-hari. Meskipun bukan pilihan kursus, kita tidak perlu mempelajari dasar-dasar akuntansi. Beberapa hal yang dapat diperoleh sebagai manfaat belajar akuntansi adalah sebagai berikut.

  1. Status dan Catatan Kondisi Keuangan

Manfaat Belajar Akuntansi adalah laporan Keuangan pertama adalah cerminan dari sebuah perusahaan. Laporan ini akan menunjukkan kinerja perusahaan dari operasi yang dilakukan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kami yang mempelajari akuntansi pasti akan dapat membaca yang merupakan aset, kewajiban, dan ekuitas perusahaan

Kami juga tentu dapat membaca kondisi dan kinerja perusahaan dari angka-angka dalam laporan keuangan. Nominal bukanlah hal utama bagi mereka yang memahami dasar-dasar akuntansi karena nominalnya yang besar tidak sesuai dengan peningkatan kinerja dan laba yang lebih tinggi. Beberapa hal aneh juga harus dilihat hanya dari angka nominal yang tersirat.

  1. Menentukan Tingkat Risiko

Akuntansi penting untuk dipelajari terutama mereka yang akan bekerja di dunia ekonomi atau dunia kerja yang tidak jauh dengan uang. Dengan menggunakan laporan keuangan, kami yang mempelajari akuntansi harus dapat membaca kondisi perusahaan hanya dari laporan keuangannya.

Salah satu manfaatnya adalah ketika perusahaan meminjam sejumlah dana tertentu untuk keuntungannya dan kita menjadi pihak yang berwenang untuk meninjau dan mengambil keputusan tentang peminjaman atau penolakan atas proposal yang dilihat dari laporan keuangan sebagai cerminan kinerja mereka.

Hanya mempercayakan peminjaman sejumlah dana untuk kepentingan perusahaan tertentu (yang hanya terlihat sebagai perusahaan raksasa tetapi tidak memiliki laporan keuangan dan rekam jejak pinjaman yang baik) adalah keputusan berisiko tinggi.

Perbedaan Laporan Keuangan Laba Rugi Perusahaan Dagang dengan Perusahaan Jasa?