Browse By

Bagaimana cara jual tanah yang masih belum lunas cicilannya?

Sudah ingin pindah rumah atau membeli tanah tetapi cicilan tanah belum lunas. Jual aja? Ribet tidak ya? Tentu tidak jika Anda mengentahui Bagaimana cara jual tanah yang masih belum lunas cicilannya?

Sebelum melangkah ke cara-cara menjual tanah yang belum lunas cicilannya, mari kita pahami beberapa hal ini

Anda membeli tanah secara kredit dengan pinjaman sebuah lembaga perkreditan atau bank, karena hal tersebut sertifikat tanah atas nama Anda berada di tangan bank karena di jadikan sebagai jaminan.

Jika Anda mangkir dari kewajiban membayarkan cicilan tanah yang belum lunas tersebut, maka bank bisa saja kapan pun menyita tanah tersebut sebagai pelunas utang yang Anda belum bayar

Dari dua hal di atas bisa di simpulkan bahwa, Anda bisa menjual tanah tersebut karena tanah telah milik Anda. agar sertifikat tanah menjadi kembali ke tangan Anda, Anda harus melunasinya. Melunasi tagihan juga akan menghindari tanah di sita oleh bank. Dari sini kita tahu beberapa cara menjual tanah yang cicilannya belum lunas. Yaitu

Lunasi dan Dapatkan Kembali sertifikat Tanah Anda

Agar bisa berpindah nama, di butuhkan sertifikat hak milik. Sebelum Anda menjualnya pastikan lunasi terlebih dahulu sisa cicilan kredit yang belum terbayarkan. Setelah lunas, sertifikat yang sebagai jaminan tadi sudah bisa Anda miliki. Dari situ Anda bisa menjual tanah.

Di sini melunasi cicilan bukan berarti mencicil lagi per bulannya tetapi mempercepat pelunasan. Datanglah ke lembaga di mana Anda mengajukan KPR dan mintalah untuk pelunasan di percepat.

Jual dengan Menginformasikan Terlebih Dahulu

Jika Anda masih ragu untuk melunasinya secara langsung, cobalah untuk menjual tanah Anda. tetapi dalam catatan pembeli harus di beri tahukan bahwa tanah ini masih dalam proses KPR dan jangan lupa buat surat perjanjiaan bahwa Anda akan membayar cicilannya secara rutin. Ini di lakukan agar calon pembeli tanah Anda lebih percaya dan mau membeli tanah Anda.

Over Kredit KPR

Selain dua cara di atas, Anda juga bisa melakukan over kredit. Di mana kredit yang awalnya nama Anda akan di pindah bebankan oleh calon pembeli tanah Anda. ada dua cara over kredit yaitu melalui bank yang sama. Anda meminta KPR di lanjutkan oleh pembeli atau ke bank yang berbeda.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjual tanah yang belum lunas cicilannya.

Guna mencari agen properti yang tepat untuk membantu jual tanah