Browse By

Tips Jual beli rumah untuk disewakan kontrakan

Bisnis kontrakan bisa menjadi sangat menguntungkan dan tidak membutuhkan usaha besar. Namun, bukan berarti bisa sembarangan melakukan jual beli rumah untuk disewakan kontrakan. Perlu cara-cara tertentu agar bisa memberi untung banyak, berikut ini adalah tips dan keuntungan yang bisa di dalam dalam menyewakan rumah.

Tips jual beli rumah kontrakan:

  1. Memilih lokasi yang strategis.

Memilih rumah di wilayah industri atau lingkungan universitas biasanya paling mudah laku dengan harga tinggi. Banyak pendatang dari kota lain yang membutuhkan tempat tinggal sementara di wilayah ini. Selain itu memilih lokasi yang mudah diakses dan dekat transportasi umum juga akan meningkatkan harga sewa.

  1. Mencari harga beli rumah yang murah tapi berkualitas.

Tentunya tidak mudah untuk mencari rumah dengan harga murah tapi berkualitas, sehingga hal ini membutuhkan kejelian dan strategi menawar. Anda bisa membeli sebuah rumah dengan harga murah dan menyewakannya dengan harga yang standar. Maka Anda akan lebih cepat untuk balik modal

  1. Kebersihan rumah harus terjaga

Siapa sangka kebersihan rumah juga mempengaruhi harga sewa. Semakin bersih dan terawat rumah yang Anda beli maka harganya akan semakin tinggi untuk disewakan. Meskipun Anda mematok harga mahal untuk rumah yang biasa saja, penyewa akan tetap mau karena mempertimbangkan faktor kebersihan.

  1. Menambahkan perabotan dapat meningkatkan minat penyewa

Membeli rumah dengan perabotan di dalamnya akan memberikan Anda keuntungan tersendiri. Rumah kontrakan dengan perabotan di dalamnya dapat dihargai lebih mahal dan menarik penyewa yang tidak mau repot membeli perabotan rumah. Namun, resikonya adalah Anda mungkin dapat kehilangan beberapa perabotan saat penyewa pindah.

Keuntungan jual beli rumah kontrakan:

  • Tidak terbebani biaya perawatan. Semua perawatan dilakukan oleh penyewa sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya. Bahkan Anda bisa lebih untung jika penyewa melakukan renovasi dan membuat harga jual rumah semakin tinggi.
  • Harga sewa semakin naik tiap tahun. Anda lebih cepat balik modal dalam beberapa tahun saja.
  • Tidak perlu melakukan apapun. Anda hanya tinggal menunggu sampai penyewa membayar uang sewa.

Panduan jual beli tanah agar tidak tertipu